Selamat Datang Di Blog Berbagi Ilmu Manajemen

Sunday, September 29, 2019

7 Sikap Penyebab Kegagalan Manajer Dalam Memimpin Perusahaan Yang Wajib Di Tinggalkan

Sikap Penyebab Kegagalan Manajer Perusahaan


Focusmanagemen.com- Banyak Sikap yang dapat menjadikan penghambat kesuksesan manajer dalam memimpin perusahaan, baik itu dilakukan secara sadar ataupun secara tidak sadar. berikut sikap yang dapat menghambat kesuksesan manajer dalam memimpin perusahaan yang harus di jauhi:

1.  Kesombongan

Kesombongan merupakan faktor utuam penghambat terbesar manajer mencapai sasaran. Kesombongan di implementasikan sebagai sikap sebagai berikut :


  • Kecongkakan
  • Keangkuhan
  • Tinggi hati
  • Enggan bekerja sama
  •  Enggan bersosial
  • Menutup diri
  • Merasa paling benar
  • Tidak bisa menghargai orang lain
  • Merasa paling berkuasa

Semua sikap ini dapat menyebabkan manajer tidak mendapat dukungan dan dari sumberdayanya. Tetapi banyak manajer yang tidak sadar melakukan sikap ini sehingga ia gagal dalam memimpin organisasi mencapai sasaran.

2. Komitmen rendah

Komitmen rendah juga berdampak buruk bagi sebuah organisasi, apalagi dia seorang pimpinan . komitmen yang rendah menyebabkan mereka menghindari tanggung jawab dan sering melalaikan tugas, biasanya jika dalam organisasi komitmennya sangat rendah maka system yang ada didalmnya akan menjadi kacau dan tanpa sasaran yang jelas. Biasanya ia akan senang melemparkan tanggung jawab kepada orang lain  atas kegagalannya.


Baca juga :


3. Tidak mendapat dukungan

Banyak juga manajer yang frustasi akibat tidak mendapat dukungan yang penuh dari manajemen dan sumberaya dalam organisasi. Tentu saja sulit mendapat prestasi dari manajer yang tidak mendapat dukungan organisasi.


4.  Tidak ada kerja sama

Manajer harus cakap dalam membangun kerja sama dengan semua pihak, baik didalm maupun diluar organisasi. Mencapai sasaran organisasi bukanlah memenangkan pertarungan seorang diri, melainkan melibatkan kerjasama banyak aspek. Dengan demikian salah satu tugas manajer adalah membangun dan membina kerja sama.


5. Mentalitas buruk

Seorang manajer perusahaan harus selalu memiliki sikap optimis dan penuh semangat dalam memimpin perusahaan. Mentalitas yang buruk akan berdampak pada lemahnya kinerja organisasi. Mentalitas yang buruk dapat dilihat dari aspek berikut

  • Minimnya kepedulian
  • Pilih kasih terhadap SDM
  • Banyak menuntut kemudahan
  •  Mudah putus asa
  • Sering menyalahkan keadan
  • Tidak mau mengakui kelemahan
  • Sulit menerima saran
  •  Tidak siap dikritik
  •   Penuh keraguan
  • Mudah menyerah

 6. Menghindari tanggung jawab

Tidak sedikit manajer yang memaknai posisi mereka sebagai kehormatan. Oleh karena itu mereka membangun hirarki untuk sebuah harga diri. Sehingga menciptakan birokrasi yang kaku dan tertutup, sehingga mengakibatkan sumber daya menjadi sulit untuk berkomunikasi dengan perusahaan.

7. Pasif

Sikap ini erat kaitanya dengan perencanaan dan pelaksanaan pengorganisasian secara baik dan benar. Manajer yang pasif selalu berprasangka pesimis terhadap organisasinya sehingga miskin inisiatif.

Biasanya manajer yang pasif dapat dilihat dari sikap berikut :

1.
       Mudah Curiga
2.       Sulit bekerja sama
3.       Miskin gagasan
4.       Menolak pembaharuan
5.       Mempertahankan kedudukan berlebihan
6.       Tidak mendukung perubahan


Jangan lupa untuk membaca artikel lainya, yang bisa menambah wawasan anda dalam mengelola perusahaan ataupun bisnis, jangan lupa like dan share artikel kami disosial media anda agar bermanfaat juga bagi orang lain yang membaca artikel ini.
Share:

0 comments:

Post a Comment

About

Featured Post

BTemplates.com

Selamat Datang Di Blog Berbagi Ilmu Manajemen

Powered by Blogger.

Ads Top

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers

Categories