Selamat Datang Di Blog Berbagi Ilmu Manajemen

Friday, August 2, 2019

4 Instrumen Penting Dalam Proses Rekrutmen Sumberdaya Manusia Di Perusahaan


Proses Rekrutmen Karyawan Perusahaan

Focusmanagemen.com- Agar proses seleksi dapat dilaksanakan dengan baik, maka syarat utama yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah keterangan yang lengkap perihal tugas atau tanggungjawab serta kualifikasi sumberdaya manusia yang dibutuhkan. Mustahil proses seleksi dapat dilakukan dengan baik jika tugas atau tanggung jawab yang akan dikerjakan tidak jelas. Adapun unsur unsur yang perlu diperhatikan sebelum proses perekrutan adalah sebagai berikut :


1. Analisa jabatan ( job analisis )


Analisa jabatan adalah  alat atau instrument untuk mengupas atau menganalisa pekerjaan / jabatan dengan meneyelidiki tugas-tugas, proses, kondisi, tanggung jawab, syarat-syarat, bentuk pekerjaan, dan mengapa pekerjaan itu dibutuhkan. Dengan demikian, Analisa jabatan berisi informasi sebagai berikut :

a. Tugas-tugas yang akan dilaksanakan.
b. Proses pelaksanaan tugas
c. Kondisi pekerjaan
d. Tanggung jawab pelaksana
e. Syarat – syarat pelaksana
f. Mengapa pekerjaan tersebut dilakukan.

Adapun kegunaan analisa jabatan adalah sebagai berikut :

a. Memberikan gambaran umum tentang unsur-unsur tugas yang harus dilakukan didalam organisasi.
b. Mencatat syarat-syarat penting dan tugas sumberdaya manusia yang terlibat dalam organisasi.
c. Mencatat rtanggung jawab sumberdaya manusia dan mereka yang terlibat dalam organisasi.
d. Mencatat beberapa kkondisi pekerjaan yang penting atatu yang mendesak harus dikerjakan.
e. Memberikan keterangan yang sangat membantu tentang kemungkinan perubahan jabatan.
f. Alat untuk menysun job description dan job spesification dalam organisasi.



2. Deskripsi jabatan (Job description )


Deskripsi jabatan atau uraian pekerjaan ( job description )  adalah uraian pekerjaan yang berisi pernyatan ( statemen ), kewajiban, dan tanggung jawab pemangku jabatan. Dengan kata lain jabatan yang diperoleh dari Analisa jabatan. Deskripsi jabatan memuat informasi sebagai berikut :

1.  Jenis pekerjaan
2. Tanggung jawab pemegang jabatan
3.  Kecakapan atau latihan / Pendidikan yang diperlukan jabatan tertentu didalam organisasi.
4.  Situasi dan kondisi pekerjaan
5.  Kualitas sumberdaya manusia yang diperlukan untuk memegang jabatan
6.   Hubungan dan tanggung jawab pem,egang jabatan
7.  Wewenang pemangku jabatan.
Pada umumnya data yang tercatat didalam deskripsi jabatan berhubungan dengan dua hal, yakni :

a. Sifat pekerjaan, Aspek yang berhubungan dengan sifat pekerjaan meliputi berbagai hal sebagai berikut :

  •  Nama jabatan.
  • Jumlah orang yang memegang jabatan
  •  Ringkasan pekerjaan yang menjelaskan dengan singkat tugas utama dan alat yang dipergunakan dalam pekerjaan
  • Rangkaian pekerjaan.      
  • Hubungan pekerjaan dengan pekerjaan yang lain.
  • Pelatihan yang dibutuhkan unutk pekerjaan tersebut.
b. Jenis sumberdaya manusia, Aspek yang berhubungan dengan sumberdaya manusia meliputi berbagai hal :
  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Keadaan fisik
  • Emosi dan mental
  • Tempramen, karakter dan Mental
  • Syarat pendidikan

3.  Spesifikasi jabatan ( Job Spesification )



Spesifikjasi jabatqan/ pekerjaan adalah keterampiloan dan kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh sumberdaya manusia untuk melaksanakn tugasnya. Dengan kata lain, kualitas minimal yang dibutuhkan untuk melaksanakn tugas secara ringkas sepesifikasi jabatan meliputi hal-hal sebagai berikut :

1.  Tingkat Pendidikan
2.  Keadaan fisik
3.   Pengetahuan dan kecakapan
4.  Status pernikahan
5.  Jenis kelamin
6.   Usia
7.    Karakter
8.   Dan hal lain yang sesuai dengan kebuthan pekerjaan


Ketiga unsur diatas biak Analisa jabatan, deskripsi jabatan, maupun spesifikasi jabatan merupakan instrument yang sangat penting dalam mkenjalankan organisasi. Menggunakan ketiga instrument ini sebagai landasan atau dasar tindakan ketika mel;aksanakn proses seleksi dan penempatan sumberdaya dalam organisasi, dipastikan akan menghasilkan “ the right man in the ight place “.




4. Komposisi sumberdaya manusia



Satu hal penting yang patut menjadi pertimbangan sebelum organisasi melakukan rekruitmen SDM adalah jumlah dan sumberdaya yang dibutuhkan organisasi. hal ini ditempuh untuk memperkecil kemungkinan kesalahn dalam penarikan sumberdaya manusia tersebut. Setelah menentukan kebutuhan sumberdaya manusia, baik mutu, jenis kelamin, maupun jumlahnya, maka langkah selanjutnya adalah merekrutnya. Dalam hal ini, organisasi dapat merekrut dari dua sumber yaitu :

a. Menggunakan sumberdaya dari dalam organisasi
b. Menggunakan sumberdaya dari luar organisasi.

Baik menggunakan sumberdaya dari dalam maupun luar organisasi masing masing mempunyai keunggulan dan kelemahan sendiri sendiri. itulah instrumen penting dalam menjalankan proses rekruitmen. semoga artikel ini sedikit bisa bermanfaat kepada para pembaca, sebelumnya saya ucapkan terimaksih. salm sukses dan jadilah motor perubahan bagi sesama. 

Untuk membaca artikel lain,tentang manajemen dan bisnis silahkan kupas blog saya.
Share:

0 comments:

Post a Comment

About

Featured Post

BTemplates.com

Selamat Datang Di Blog Berbagi Ilmu Manajemen

Powered by Blogger.

Ads Top

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers

Categories