Kegunaaan Manajemen Bagi Manajer Perusahaan |
Focusmanagemen.com-Didalam organisasi, manajemen menuntut manajer untuk
melaksanakan berbagai tugas utama yang mendukung operasional perusahaan, adanya manajemen sangat berguna bagi manajer perusahaan dalam mengelola dan membagi tugas bagi para pelaku perusahaan, adapun kegunaan manajemen bagi manajer perusahaan adalah sebagai berikut :
1. Membagi tugas didalam organisasi
1. Membagi tugas didalam organisasi
Semakin besar organisasi, tentu saja
semakin kompleks bidang organisasinya. Hal
ini otomatis menunutut para manajer memiliki spesialisasi sehingga efektif dan efisien. Seorang manajer tidak mungkin dapat
mengurus semua bidang organisasi secara sendirian. Oleh karena itu manajer
perlu membagi tugas dan pendelegasian wewnang terhadap sebuah bidang tertentu.
2. Menetapkan wewenang dan tanggung jawab
Seorang manajer adalah sesorang yang
mempunyai wewenang dan tanggung jawab
terhadap operasi organisasinya. Yang mana dalam sebuah organisasi dikatakan
dimana ada weweang disitu ada tanggung jawab. Oleh karena itu, wewenang manajer
mengoperasikan organisasi menimbulkan tanggung jawab terhadap kelangsungannya.
3. Menumbuhkan disiplin
Disiplin sangat dibutuhkan didalam organisasi
guna mencapai sebuah tujuan yang diharapkan. Disiplin yang baik tercipta jika
manajer berwibawa dan mampu membangun serta membina ketertiban dan keteraturan
serta kerjasama yang baik didalam sebuah organisasi. Oleh karena itu seorang individu
yang terlibat dalam organisasi wajib mematuhi dan menghormati peraturan yangh
ditetpkan manjemen.
4. Menyatukan pemerintah
Salah satu kekeliruan yang sering terjadi
didalam oraganisasi adalah para tenaga pelaksana seringkali menerima perintah
dari beberapa atasan sekaligus secara bersamaan sehinggu membuat mereka menjadi
bingung. Hal ini mengindikasikan bahwa buruknya komunkiasi dalam organisasi. Seyogyanya
setiap pelaksana menerima perintah hanya dari satubn atasan saja.
5. Menyatukan arah
Kesatuan arah sangat penting didalam
organisasi.m patutu diperhatikan, setiap kelompok aktivitas yang arahannya sama
sebaiknya dipimpin oleh seorang manajer
dan menggunakan satu perncanaan.
Tindakan
ini untuk menghindari tumpeng tindih organisasi sehingga menghambat kelancaran
organisasi.
Baca Juga :
- 8 Tahapan Rekrutmen Karyawan Perusahaan
- Apa Itu Pelatihan dan Pengembangan SDM Perusahaan
- Tips Ampuh Menjaga Hubungan Internal Perusahaan
6. Mendahulukan kepentingan organisasi
Dalam hal ini dimaksudkan bahwa setiap
kepentingan yang bersifat pribadi atau kelompok harus tunduk dibawah kepentingan
organisasi. Maka sebagai seorang manajer yang professional harus mendahulukan
kepentingan organisasi ketimbang kepentingan pribadinya.
7. Mendorong sentralisasi
Sentralisasi berhubungan erat dengan
tingkat keterlibatan kelompok kelompok dalam pengambilan keputusan. Baik secara
terpusat ataupun diserahkan secar aproporsional. Dimana penerapan sentralisasi
keputusan dan keuasaan harus diseusaikan dengan kebutuhan organisasi.
8. Menegakan ketertiban
Ketertiban dan kedisiplinan harus ditegakan
didalam sebuah organisasi demi menciptakan keteraturan sesuai dengan tujuan
organisasi. Adanya ketertiban menunjukan keseriusan dalam melkasanakan tugas
dan tanggung jawab.
9. Mendorong inisiatif
Seorang manajer harus memiliki gagasan dan
ide ide baru yang dapat mendorong kemajuan organsasi yang di pimpin. Hal itu
akan memberikan dedikasi dan prestasi didalam sebuah organisasi. Sebaliknya jika
inisiatif dibungkam, manajer akan
bekerja seperti robot yang bergantung pada remote control yang mengendalikannya.
Berikut ciri-ciri manajer yang memiliki
inisiatif :
a.
Cakap mengambil keputusan
b.
Tidak ragu-ragu
c.
Melaksanakan tugas tanpa pengawasan
d.
Bekerja tanpa menunggu perintah
e.
Kaya ide dan gagasan
f.
Memeperhatikan Kesejahteraan SDM organisasi
g.
Menjadi inspirator dan inisiator
h.
Menjadi sumber informasin yang terpercaya
0 comments:
Post a Comment